Saturday, January 26, 2008

Aargh!!! (Bagaimana nasip skripsiku?!)


“Usahakan Maret selesai ya, soalnya setelah itu saya bakal sangat sibuk dan susah ditemui,” aku langsung shock mendengarkan ucapan dosen pembimbing I skripsiku.
“Maret?! Apa gak salah?!” batinku pilu. Padahal ini baru pengajuan-bimbingan pertama proposal skripsiku.

“Bapak hari apa saja ada di kampus?” tanyaku saat beliau mengembalikan proposalku. Gak banyak coretan, alhamdulillah. Aku hanya harus memberi tambahan. Membaca lagi aspek” geografi dan menggiring skripsiku agar benar” menjadi sebuah skripsi geografi (soalnya masih ada bau antropologi dan pertanian. Harus benar” menjadi skripsi geografi. Geografi sosial budaya).

Judul skripsiku (belum diseminarkan tapi coz proposalnya masih dalam proses bimbingan):
Pengetahuan Lokal Petani dalam Pengelolaan Usaha Tani di Lahan Rawa Lebak Desa Banua Kupang Kecamatan Labuan Amas Utara Kabupaten Hulu Sungai Tengah Kalimantan Selatan

Pembimbingku (Pak Yusuf Idris) menggeleng, pertanda beliau gak punya jadwal pasti kapan standby di kampus. Gawat!! Belum juga Maret beliau sudah susah banget ditemui. Pantas aku berhari-hari mencari beliau tapi gak ketemu. Andai beliau gak membimbing PPL (walau membimbing kawan” yang kena sekolahan di Singosari), entah bagaimana nasipku.
“Masukkan ke kotak saya saja. Jadi kita komunikasinya lewat kotak.”
Puff. Skripsiku tersayang, bagaimanakah kelanjutan nasip kita?!
Aku juga harus memberanikan diri menghadap kajur to mengajukan pembimbing II. Semoga urusannya gak ribet dan bikin down-strez-BT-dkknya kayak kawan”ku yang lain (ada yang pakai acara tahajud biar judul yang di acc di rapat, sudah di konsultasikan ke dosen pembimbing, direvisi beberapa kali, gak disuruh ganti judul sama beliau!!). Kasihannya kalau yang diharapin gak sesuai sama yang diinginkan. Misal, pinginnya geografi sosial malah diarahin ke geografi fisik. Apa gak tegangan tinggi?!! Aku sendiri mulai pindah jalur. Dulu aku geografi fisik. Sekarang tergila-gila sama geografi sosial (budaya). Tapi tetap, aku pingin punya keahlian di geografi teknik (khususnya SIG) coz itu tiketku untuk berkarier di jalur non pendidikan, hHe… :)
Sebenarnya gak akan terlalu berat bagiku ngebut mengerjakan skripsi. Makin cepat malah makin baik (coz makin cepat lulus! Kalau kata orang Jawa tuh dang mari dang wes). Pak Yusuf juga pembimbing yang care, enak, dan ngasih banyak arahan (walau susah ditemui). Kata kakak” tingkat, skripsi yang dibimbing beliau pasti cepat selesai. Gak ribet gitu deh.
Tapi, karena PPL, aku cukup sulit membagi waktuku (terutama ketika harus menyiapkan bahan dan diri u/ mengajar). Belum lagi PPL yang baru akan berakhir pada awal Mei, sedangkan jadwal ujian skripsi semester genap ini berakhir di akhir bulannya. Kapan aku bisa pulkam u/ penelitian coba?! Kalau data mungkin aku bisa minta tolong ke Pak Rafieq (yang bantuin penelitianku. Kasih bahan, saran, dll), orang rumah, kakak, atau paacilan. Bisa minta kirimin via pos/e-mail. Tapi aku gak berani berharap penelitianku (wawancara dengan koresponden/sampel penelitianku) bisa berjalan apalagi dikerjakan separuhnya/lebih oleh orang lain tanpa tunggu aku pulang ke Barabai. Soalnya, yang skripsi kan aku, bukan orang lain?! Wanna help me?!
Ya Allah, permudahlah jalan hamba menuju kesuksesan. Amin.


Malang, 24 Februari 2008. After midnight.

No comments:

Post a Comment