Tuesday, June 3, 2008

Malang Tempoe Doloe…


Pada 22-25 Mei 2008 lalu, berlangsung Festival Malang Kembali III di landmarknya Kota Malang, yaiti di seputaran Jalan Ijen. Tentunya setelah tahun” sebelumnya aku gak pernah melewatkan acara ini, tahun ini pun aku gak mau melewatkannya.
Suasana Malang Kembali or yang umumnya disebut Malang Tempoe Doloe ini menurutku rada beda kayak dua tahun sebelumnya, soalnya ada bau” kerajaan gitu (Kanjuruhan dan Singosari). Tapi tetap, umumnya peserta dan cukup banyak pengunjung menggunakan pakaian berbau prajurit Jepang, wong Londo(walanda alias orang Belanda), batik, kebaya, yang oldist” d walau banyak juga yang pakai baju biasa or malah bergaya 80’th.

Yang asik di Malang Tempoe Doloe c menurut aku bukan makanannya (apa karena bokek ya?!), tapi lihat suasana bahoelanya. Sepeda onthel, mobil”/motor” tua, lampu” teplok, stand” souvenir, juga hiburan” yang disajikan (walau aku cuma lewat coz gak ngerti bahasanya). Tapi aku jajan makanan juga c… Tapi favoritku apalagi kalau arbanat kalau gak arum manis! Ingat masa SD gitu d… :) Sayangnya selama FMK III, dua kali kesana selalu malam. Jadi gak nonton acara permainan anak” tradisional kayak gasing kayu, gobak sodor, egrang, … yang diadain di siang harinya. Kalau tahun kemarin, sepulang latihan, sama kawan” aikido rame” ke sana. Makan sego pecel/gudeg, minum es dawet, trus ikutan lomba bakiak (walau kalah…).

Kemarin, selain lihat stand”, kami juga ke pameran keris di Perpust Daerah. Walau gak ngerti soal keris-mengeris, tapi kelihatan kok keris yang dipamerkan di sana tuh keris” yang keren abis :) Andai saat itu lagi gak bokek, ada buku diskon gede”an mungkin aku bakal sama kalapnya dengan Padly yang akhirnya membawa pulang da Vinci Code n Ksatria Templar cuma dengan harga @ Rp 30rb. Trus, Padly yang anak ilkom juga sempatin main ke standnya RRI. Nebeng foto ala vokalist Shaggy Dog nyanyi pakai mikropon yang dulu dipakai sama Bung Tomo sampai akhirnya ikut siaran sebagai guest. Akhirnya aku, adingku, Didik, Awir, Amad, dan K Rahari terpaksa nungguin dia bentar :”(

Urang” (orang, not udang loh) Banjar di Malang juga gak ketinggalan ikut meramaikan FKM loh. Selain pakai batik, ternyata banyak juga yang pakai baju sasirangan. Ada yang janjian malah. Sebagai identitas gitu deh kalau di Malang tuh terdapat banyak pendatang dari Kalsel, selain agar mudah dikenali oleh Urang Banjar yang lain :)

1 comment:

  1. Terima kasih atas infonya, sangat bermanfaat.
    Perkenalkan nama saya Muhammad Ikhsan, selaku Pemilik dan Pengelola dari website Keris.Biz.
    Website Keris.Biz merupakan salah satu website penyedia benda seni seperti keris, badik, pedang katana/samurai, benda antik dan bertuah serta benda-benda seni yang bernilai sejarah tinggi dan sangat langka. Beberapa koleksi tersebut saya dapatkan dengan berburu dari dalam dan bahkan luar negeri. Bagi Anda yang serius ingin memiliki dan merawatnya, beberapa dari koleksi tersebut saya maharkan. Silahkan lihat koleksi saya disini :
    www.Keris.Biz - Gallery Keris, Pedang, Katana, Badik, antik, bertuah dan langka

    ReplyDelete