Friday, February 20, 2009

Geografi FMIPA UM

Sebenarnya aku kurang tahu tentang sejarah berdirinya jurusan geografi di UM. Yang aku tahu, ketika ada penataan fakultas dan jurusan di lingkungan UM, sejak semester gasal 2000/2001 jurusan geografi masuk ke fakultas MIPA. Geografi UM sekarang rame loh! Waktu angkatanku jumlah mahasiswa 1 angkatan di bawah 100 orang (3 kelas, A (PMDK), B (SPMB), K (non reguler)). Tapi sekarang, udah 150an orang! (benar gak?! aku gak pernah ngitung c. Udah bukan anak HMG juga, jadi kurang tau ma MABA).

Sayangnya, jurusan Geografi di FMIPA UM ini agak berbeda dengan jurusan lainnya. Kalau jurusan yang lain punya 2 prodi (pendidikan dan non pendidikan), geografi cuma 1 (pendidikan). Gedung kuliahnya pun (yang milik geografi) hanya lantai 1 GKB (kami plesetin menjadi Geografi Kuliah Bersama). Sisanya ya nebeng di lantai 2 dan 3 GKB, SPA, atau E5 :”( Walaupun begitu, jangan dianggap remeh loh!! Jurusan kami punya sarana dan prasarana (kec. gedung kuliah) yang cukup lengkap, dosen” berkualitas, dan mahasiswa” cerdas (walau kayaknya masih menjadikan geografi pilihan kedua, ketiga, dst saat test, like me ^.^v).

Bagi yang tidak menjadikan geografi sebagai pilihan pertamanya, bisa jadi awal” kuliah masih rada berat. Tapi gak lama kemudian, dijamin d bakal cinta sama geografi! Tahap pertama mulai mencintai geografi tuh biasanya saat menempuh MK geografi yang paling dasar, yaitu Pengantar/Filsafat Geografi. Yang ngajar c biasanya Pa Komang. Tapi beliau sedang non aktif karena kuliah ke Malaysia. Semester VII kemarin c Prof. Saladien (aku ngulang di kelas itu soalnya ^.^v) dan Pa Mustofa. Di Pengantar.Filsafat Geografi bakal dijelasin mengapa ilmu geografi tuh penting banget untuk dipelajari (sayangnya di Indonesia kurang diminati. Baru dilirik kalau ada bencana alam atau global worming makin menggila. Hiks!!). Kita juga bakal flash back ke zaman” awal ilmu geografi berkembang, siapa aja tokoh”nya, paradigma” yang dikembangkan, ….

Nah, kalau banyak jurusan geografi di Indonesia nih masuk ke Fakultas Ilmu Sosial (yang berbau IPS lah!!), di UM, geografi tuh di masukin ke FMIPA. Enak mana, di MIPA atas sosial?! Menurut aku c di MIPA. Soalnya banyak mata kuliahnya yang IPA banget!! Teknik juga ada (kayak kartografi, Pengindraan Jauh, dan SIG). Mau praktikum juga lebih gampang karena sarana prasarananya bisa menyesuaikan (geografi tuh praktikumnya banyak loh...!!). Tapi lebih sip kalau punya fakultas sendiri c (kayak di UGM). Soalnya, Geografi tuh IPA bukan, IPS bukan. Geografi tuh jembatan di antara keduanya. Yang pasti, aku bangga jadi mahasiswa Geografi :)

No comments:

Post a Comment