Friday, February 20, 2009

Got an Accident!!

Rabu 30-4-2008
Aku bersama kawan-kawan satu jurusan (Adip, aku, Arifah, Daniel, Yovi, Amris, Dikin, Andi, Galih, Rika Syahri, dan Tama, anak seni yang sekalian mau pulkam ke Trenggalek) pergi touring. Rencananya c touring barat Jawa Timur gt… Tujuan utamanya Ponorogo (kampungnya Adip), Magetan (kampungnya Galih), dan Madiun (kampungnya Arifah), dan Pacitan. Kota yang kami lewati kalau sempat ya kami singgah ^.^v

Geography Error Adventure yang ikut touring

Awalnya c perjalananku menyenangkan… banget. Sampai akhirnya, kira” ba’da Isya, I got an accident!

Barusan masuk Trenggalek, ada motor yang mau belok, nyalain rehting (lighting) tiba”. Aku sendiri sudah gak enak rasa waktu anak” bawa motor dengan kecepatan tinggi. 70-100 km/jam. Apalagi aku memang gak berani kalau dibonceng dengan kecepatan segitu. Aku sendiri kalau bawa motor, berani jalan 70-80 km/jam tuh sudah ngebut banget. Mana aku belum izin ortu mu ikutan touring (sori… ketulahan gitu d aku jadinya. Biasanya izin dulu baru berangkat, ni berangkat dulu baru mau izin setelah sampai di tempat tujuan T.T).

Kawan” pun pada shock. Pada gak mikir kayapa motornya Daniel (bahkan gak mikir kayapa nasib Daniel ^.^v) coz kalau ada apa” sama aku, matilah mereka. Ngurusnya repot!! Tapi alhamdulillah, sampai detik ini rohku masih menyatu dengan ragaku. Walau gara” kecelakaan itu aku harus menanggung perih karena kaki kananku luka luar cukup besar (jadi bengkak juga c…). Kayak orang kena knalpot gitu lah. Bisa menghilangkan napsu makan bagi orang yang jijay.an. Selebihnya, cuma memar dikit di lengan dan paha kiri. Mungkin lukaku gak parah karena pengamanan diriku lumayan lengkap. Pakai helm standar (jadi lecet padahal pinjaman), kaos tangan (jadi robek sana-sini), jaket dan tas yang lumayan besar (jadi robek sedikit), celana jeans panjang (jadi robek sedikit di bagian lutut), pakai sendal gunung dan kaos kaki. Salahnya, aku tuh gak suka pakai kaos kaki panjang. Sukanya tuh yang semata kaki doank. Kalau gak, mungkin kaos kakiku aja yang mengalami kerobekan, kayak yang terjadi sama kaos tanganku :”(

Menanggapai kecelakaan itu, terutama apa yang terjadi sama aku, kawan” yang melihat kejadian waktu aku jatuh trus mengevakuasi diri berkomentar:
“Mba ikutan bela diri apa c?”
“Rin, gak sia2 kamu ikutan aikido.”
Maksudnya?! Suer aku bingung!! Soalnya pas aku jatuh aku cuma berharap Allah masih memberi aku kesempatan untuk hidup dan gak mengalami luka parah.

Kawan” c bilangnya gaya jatuhku waktu kecelakaan itu gak biasa. Kayak ada tekniknya gitu. Pada intinya aku tuh terlatih untuk menghadapi serangan mendadak, refleks gitu lah. Aku juga gak shock ketika kecelakaan. Makanya mental dan fisikku fine” aja coz pas latihan sudah biasa diserang -> dibanting. Dikomentari gitu aku ketawa” saja. Alhamdulillah kalau ternyata benar. Soalnya aku sudah 1 bulan gak latihan aikido. Pas latihan pun teknik dan refleksku biasa” saja. Aku juga payah dalam menghapal teknik dan sering gak fokus. Makanya aku gak pernah berani ikut ujian kenaikan kyu. 1 tahun lebih belajar aikido, stagnan di kyu 6. Apalagi dalam kehidupan sehari-hari aku gak pernah mempraktikkan apa yang diajarkan sensei. Jangan sampai d… Daripada bertarung, kalau masih bisa lebih baik menghindar/lari!! hHe… ^.^v

Tips buat kalian yang melakukan perjalanan jauh menggunakan motor:
-- Pakai helm standar (pasti di semua daerah sudah wajib pakai kan sekarang?!). Kalau bisa, pakai masker/slayer juga biar bisa menyaring polusi udara.
-- Pakai kaos tangan, biar tangan gak belang, gak kepanasan, dan kedinginan.
-- Pakai jaket biar gak kepanasan/kedinginan.
-- Pakai celana panjang, kalau bisa berbahan tebal kayak jeans, (kalau bisa) sepatu kets, dan kaos kaki panjang. Termasuk to point 2 dan 3, dalam kasus aku, dapat mengurangi peluang luka” pada kulit.
-- Gunakan tas punggung (yang isinya lumayan empuk jika mengalami pendaratan, kayak handuk, baju, dkk), untuk meredam shock pada punggung kalau jatuh.
Apalagi ya?! Tambahkan sendiri d!! Yang pasti…
JANGAN UGAL-UGALAN kalau bawa motor. Jaga kecepatan motor anda! Lihat” sikon kalau mau ngebut. Jangan mau areal permukiman, di tengah kota, di luar kota, … bawa motor kada baingat, kecepatan motor gak kira”!!

No comments:

Post a Comment