Thursday, February 26, 2009

Kisah Si Lajang

Namaku Rina. Umur 24 tahun.

Aku lajang yang beruntung. Bekerja sebagai staf pengajar di sebuah SMA berstandar internasional (PNS) dan bimbingan belajar terkemuka membuat hidupku terbilang mapan. Beruntungnya lagi, bagi orang tuaku, umurku yang hampir seperempat abad ini tidaklah mengkhawatirkan apabila masih berstatus lajang, bahkan tidak punya pacar! Padahal, mamaku menikah di usia yang cukup belia. 18 tahun.

Kalau diusut lebih lanjut, tidak hanya aku gadis berumur lebih dari 22 tahun yang masih lajang di keluargaku. 1, 2, 3, 4, …, ternyata ada 7 orang! Bahkan 3 diantaranya hampir berumur 30 tahun.

Betah? Sebenarnya tidak juga. Gak laku? Gak tuh! Terlalu pemilih? Let we see…
----------

Mas Dian. 28 tahun. Wartawan di sebuah harian surat kabar di Kota Malang. Kami berkenalan saat aku magang jadi wartawan di sana. Kami sempat hang out beberapa kali (aku gak suka pakai istilah ngedate karena bagiku saat itu kami tidak sedang berkencan). Makan, nonton, dan rekreasi. Betenya, selalu dia yang menentukan kami akan makan apa dan dimana, nonton film apa, dan akan pergi kemana. Kalau selera kami sama sih oke. Sayangnya tidak!

Dia suka makan masakan pedas. Jadi, kalau gak di rumah makan Padang ya kami makan di warung-warung yang dia sudah tahu betul menu dan seberapa pedasnya masakan yang tersaji di tempat itu. Sedangkan aku? Sebiji cabai rawit saja dijamin membuat perutku langsung terasa perih. Aku benci film horor, film yang banyak pembunuhan sadisnya, thriller gitu lah! Eh, tanpa bertanya terlebih dahulu padaku dia langsung menyodorkanan tiket 21 dengan film bergenre seperti itu. Dia bilang drama romantis itu hiperbolis. Bilang saja mengajakku nonton thriller dengan harapan aku akan berteriak ketakutan lalu memeluknya sepanjang film berlangsung. Berharap dengan pelukan itu aku akan merasa terlindungi oleh sang pangeran. Sayangnya, bukannya ketakutan aku malah ketiduran.

Dia bukan Arema sih. Tapi tetap saja dia tinggal di Malang, bukan di Banjarmasin. Jadi, kalaupun kami punya selera yang sama, dia tetaplah bukan pilihan untuk hatiku berlabuh. Aku tidak pernah berniat tinggal di Malang selain untuk kuliah. Lulus kuliah ya aku pulang ke Banjarmasin.

Kenapa aku oke saja dia ajak hang out? Entahlah. Mungkin sebagai refreshing setelah aku menjalani rutinitas kuliah dengan tugas yang setumpuk, berbagai kegiatan organisasi ekstra kampus yang kuikuti, dan magangku sebagai wartawan yang melelahkan. Ketiga hal itu mengharuskan aku pintar-pintar membagi waktu agar kuliahku tidak keteteran. Jadi, bisa ditebak kan apa jawabanku saat Mas Dian nembak? Right!

“Sori, Mas. Hidupku bukan untuk menjalankan pilihan orang lain.”
----------

Arya. 24 tahun. He’s my first love. Pacarku semasa SMA.

Setelah putus hubungan kami tetap terjalin dengan baik. Kalau sedang berkomunikasi, kadang kami bisa SMS-an dari jam 10 malam sampai larut. Untill after midnight. Isi SMSnya? Cerita tentang tugas kuliahku yang setumpuk, seberapa seru dan melelahkannya organisasi ekstra kampus yang kuikuti, tugas sebagai wartawan magang yang membuatku menemui banyak hal yang tidak terkira, banyak hal lah! Lebih banyak aku yang bercerita. Rian tetap seperti dulu, lebih suka menjadi pendengar yang menyebalkan. Cerita tentang dia paling hanya seputar kegiatannya berlatih futsal, pementasan teater, dan penggarapan film indie. Itupun disampaikan layaknya sekilas info.

Selain SMS-an, kalau bertemu kami tetap jalan bareng sih. Kadang beramai-ramai, kadang hanya berdua. Gak jauh beda dari masa pacaran kami yang berjalan sekitar setahun. Bisa dibilang kami tuh menjalin hubungan teman tapi mesra.

Hey, I’m a single girl. Jadi boleh dong kalau hang out atau ngedate dengan siapa pun, termasuk dengan mantan pacar? Sedangkan Arya? Sepertinya dia masih asyik dengan dirinya sendiri. Tidak sedikit gadis yang dipacarinya minta putus akibat sifatnya yang cuek dan terkesan gak betahan. Kalau bete sama pacarnya itu, kalau gak dia diamin berhari-hari ya dia jalan sama cewek lain.

“It’s over!” itu katanya.

Tidak banyak yang berubah dari dirinya setelah kami putus. Entah kenapa dia tetap ada saat aku perlu seseorang untuk curhat. Satu hal yang masih dilakukannya sampai sekarang adalah…

Kalau dia tiba-tiba kirim SMS setelah sekian lama (bahkan setelah tidak satu pun SMS dariku dia balas), itu artinya dia sedang jomblo. Kalau aku ada di Banjarmasin, itu artinya dia perlu seseorang untuk diajak makan, nonton, rekreasi, atau sekadar berbincang.

Aku mencintainya. Dia tahu itu. Kami pun punya selera yang sama. Tapi ternyata itu belum cukup untuk membuatnya berkata,
“Kita jadian lagi, yuk!”

Atau kata-kata sangat gak romantis yang diucapkannya saat nembak aku,
“Kau tahu kan aku mau ngomong apa?”

Tidak lama setelah aku lulus kuliah dan kembali ke Banjarmasin gantian Rian yang pergi ke Malang untuk mengambil gelar master di bidang hukum kenotariatan. Sebelum pergi aku sempat bertanya kepadanya,
“Adakah yang mau kamu katakan kepadaku?”

Dia tersenyum lalu berkata, ”Let it flow.”
----------

Selain Rian dan Mas Dian sebenarnya masih ada lagi sih tapi… sudahlah! Aku lagi enjoy berkarir.mengisi waktu senggangku dengan belajar masak dan menjahit, mengisi hari liburku dengan travelling, dan tentunya menghadiri pesta pernikahan sahabat atau kawan-kawanku yang satu-persatu meninggalkan masa lajangnya. Beberapa bahkan sudah memiliki anak.

“Kapan merit, Rin?”
“Aku tunggu undangan perkawinanmu loh!”
“Aku harap kamu sudah menikah sebelum aku punya anak kedua.”

Gals, kenapa malah kalian sih yang ribut? Keluargaku fine saja tuh dengan statusku sebagai single happy.

“Kalau mau menikah jangan asal pilih suami. Kata orang Jawa, lihat 3Bnya. Bibit, bebet, bobot. Masalah jodoh Allah yang paling tahu. Mintalah petunjuk dari-Nya agar dipersatukan dengan orang yang tepat diwaktu yang tepat,” Mamaku justru mengatakan itu. Abahku juga. Julakku juga. Acilku juga. Bahkan kai dan niniku pun mengatakan hal yang sama. Beruntunglah aku dan 6 gadis lajang lainnya di keluargaku yang gak perlu hidup dengan tuntutan untuk segera menikah.
----------

Hari ini umurku tepat 25 tahun.

Aku pernah berharap di usia inilah aku menikah. Aku sudah pintar memasak, pintar menjahit (aku perlu lemari yang lebih besar untuk semua pakaianku!), yach, walau masih kurang suka mencuci piring.

Hari ini menjadi hari Minggu yang membahagiakan buatku.

Sejak lepas tengah malam satu-persatu sahabat dan kawanku mengucapkan selamat ulang tahun. Via telepon, SMS, e-mail, facebook, via apapun deh yang bisa membuat mereka menyampaikan ucapan selamat ulang tahun padaku (termasuk datang ke rumah dengan membawa kado ulang tahun). Tapi yang membuatku sangat bahagia adalah kedatangan sepasang suami-istri (dan ketiga anaknya yang menunggu dengan harap-harap cemas di teras rumah).

Keluarga Rian? Aku memang dekat dengan keluarganya. Tapi Rian hanya dua bersaudara. Rian pun masih di Malang, dalam proses menyelesaikan tesisnya. Lalu siapa?

“Rina belum terikat dengan pemuda mana pun kan?” tanya Sang Mama kepada orang tuaku, terkhusus kepadaku.
“Belum, Ma.”

Well, semenjak kenal aku memang memanggil Sang Mama dengan sebutan “Mama”. Akupun pernah berharap beliau akan menjadi mamaku. Mama mertuaku. Tapi harapan itu sempat kukubur dalam-dalam. Rasanya seperti ingin menjangkau bintang apa daya tangan tidak sampai. Bintang itu berjuta tahun cahaya jauhnya dari bumi. Sedangkan tanganku sepenggalah saja tidak sampai (^.^v). Kedatangan keluarga itu ke rumahku tepat di hari ulang tahunku untuk membicarakan hal yang sangat serius benar-benar memekarkan harapan itu lagi.

“Kami kesini dengan harapan dapat meminang Rina untuk anak kami, Rahman,” beitu kata Sang Abah.

Ka Rahman. 26 tahun. Eksekutif muda yang karirnya sedang melejit. Hobi olahraga (sama kayak Rian), cakep (Rian jelek!), santun (Rian tuh agak urakan, tapi keduanya sama-sama gokil), sholeh (Rian juga c!).

Kisah kami berawal di Malang, 3 tahun yang lalu. Saat itu kami sedang sama-sama berjuang agar judul skripsi yang kami ajukan diterima. Aku kuliah di jurusan geografi, Ka Rahman di jurusan teknik industri, di perguruan tinggi yang berbeda. Kami dikenalkan oleh seorang kawan. Kawan kami itu bilang seperti ini waktu itu,
“Kalian kan satu daerah. Karena sebelumnya tidak saling kenal, alangkah baiknya kalau kalian menjadi saling kenal.”

Hubungan kami baik dan cukup akrab. Apalagi kawan kami itu begitu niat menjodohkan kami. Tapi lama-kelamaan hubungan kami hambar. Mungkin Ka Rahman tidak merasa cocok denganku, padahal disaat yang bersamaan aku jatuh cinta kepadanya. Terasa konyol jika aku menutup hatiku hanya karena berharap dapat bersatu lagi dengan Rian. Aku bahkan membuang jauh harga diriku dengan mengatakan “Aku mencintai Kakak” pada seorang pemuda yang baru kukenal sebulan. Tapi cintaku tidak berarti baginya. Bahkan sampai 2 tahun setelah kejadian itu.

Beruntung, aku sempat berkenalan dengan adiknya. Kami menjadi akrab karena sering saling curhat. Ketika ada kesempatan, kami pun menyempatkan untuk bertemu. Makan, nonton, hingga akhirnya aku berkenalan dengan kedua orangtuanya. Mungkin adiknyalah yang bilang bahwa sampai saat ini aku masih lajang. Masih menanyakan keadaannya. Masih mencintainya.

“Bagaimana, Rin?” tanya orang tuaku. Tanya orang tua Ka Rahman.

Walau tidak berucap sepatah kata pun, aku yakin orang tuaku dan orang tua Ka Rahman tahu jawabannya. Pipiku yang bersemu merah dan senyum bahagia yang kusunggingkan malu-malu menjadi tandanya.

“Rina mau menikah dengan Ka Rahman.”
“Alhamdulillah.”

1 comment:

  1. Selamat ulang tahun, Rina. Mudahan tambah dewasa dan semakin mantap memilih jodohnya. Akhirnya sang merpati telah memilih dahan tuk berteduh.
    Cerpen itu lebih tepat disebut diari kali. Oh, ya, aku baru buat tulisan tentang jodoh. Mungkin bermanfaat. Kalau tidak, tak perlu dibaca. Silakan ditengok di blogku. Salam kenal dari anggota Pahuluan.

    ReplyDelete