Saturday, April 4, 2009

Geografi Hijrah ke FIS

Karena gak ikut forum diskusi Geografi, aku jadi dengar sepenggal kisahnya doank dari kawan..

Jurusan Geografi UM resmi pindah dari FMIPA ke fakultas baru (FIS) sama Sejarah, PKn, dan Psikologi ya?! Aku harus ngucapin selamat atau turut berbelasungkawa niy? Soalnya aku dengar banyak yang gak pingin jurusan tercinta ini dipindah ke FIS. Sampai-sampai gak ada satu pun mahasiswa Geografi yang tepuk tangan ketika Geografi resmi dipindah ke FIS, ya?! Wah, keren! Euy, yang kemarin ikutan forgis berbagi cerita lebih banyak dunk sama aku..

Apa kabar HMG?! Ikut mendukung kepindahan geografi ke FIS? Kalau gak, ada rencana biar Geografi ‘dikembalikan’ ke FMIPA?! HMG kan wadah aspirasinya mahasiswa Geografi UM. Mmm, sudah dapat ucapan selamat (atau turut berbelasungkawa) dari IMAHAGI dan komisariat Geografi lainnya? Kali aja bisa sharing sama mereka karena akhirnya jurusan kita sama kayak kebanyakan jurusan Geografi di Indonesia, berada di lingkungan ilmu sosial. Jurusan tercinta ini kembali ke kayak anggapan banyak orang, ilmunya anak IPS. Soalnya, gak sedikit yang menganggap keberadaan Geografi di MIPA tuh ‘aneh’, kayak albino gitu..

Sayang gak ada survei berapa persen mahasiswa (dan warga geografi lainnya di UM) yang mau hijrah ke FIS dibanding ingin tetap di FMIPA. Andai Geografi dijadikan fakultas sendiri semuanya semangat kali ya.. Mungkin ada banyak alasan kenapa ada mahasiswa yang gak pingin (atau pingin) Geografi pindah ke FIS. Dosen-dosen dan pihak kampus juga pastinya punya alasan tersendiri kenapa memindahkan jurusan Geografi ke FIS.

Aku sendiri merasa bersyukur lulus sebagai anak FMIPA ^.^v. kalau 4,5 tahun lalu Geografinya UM ada di IPS, gak bakalan aku terdaftar sebagai mahasiswa jurusan Geografi UM. SPMB kan aku ikut IPA doank, bukan IPS atau IPC. Jadi, andai aku lulus sebagai anak FIS, menyesal banget deh karena dulu gak ikut IPC. Saat itu kan aku lagi naksir berat sama jurusan psikologi dan kriminologi (IPAnya aku milih PWK). Cuma malas ikut tes 2x. hee..

Well, buat kawan-kawanku yang belum lulus, adik-adik kelasku tercinta, aku serius niy.. Mau aku kasih ucapan selamat atau turut berbelasungkawa (o^.^o)v

No comments:

Post a Comment