Wednesday, August 26, 2009

Puasa dan Warna-warni Tarawih

Sebelumnya, Marhaban Ya Ramadhan ya Akhi, ya Ukhti.... Semoga Ramadhan tahun ini kita menjalaninya dengan lebih baik. Amin. Semoga Ramadhan tahun ini membawa keberkahan yang berlipat bagi kita. Amin. Semoga kita dapat berjumpa lagi dengan Ramadhan tahun depan dan tahun-tahun berikutnya. Amin. (^_^)

Ramadhan tahun ini alhamdulillah aku gak menyandang predikat anak kost/anak asrama lagi. Jadi, dari hari pertama sudah puasa di rumah deh. Karena udah 4 (apa 5x ya?!) Ramadhan gak puasa di Banjarmasin, jadinya pingin aja tuh merasakan buka puasa hari pertama dengan ngabuburit dulu. Ngabuburitnya apalagi kalau gak ke pasar wadai (^.^v).

MG! Mentang-mentang pembukaan jalanan menuju pasar wadai macet! Dari jembatan Merdeka aja udah kelihatan parkiran mobil sampai ke depan Siring Sudirman dan Sabilal. Muter deh, lewat rute pasar lama. Ternyata sama aja! Tapi entah kenapa walau macet abis tetap aja aku gak patah semangat demi bisa ngabuburit di pasar wadai. Akhirnya ambil rute ke barat, berharap di sekitar Tarakan bisa menemukan tempat parkir. Alhamdulillah, parkiran luas terhampar di halaman kantor gubernuran! Akhirnya, jadi juga ke pasar wadai tanpa perlu berkhayal bisa ke pasar wadai lewat rute terakhir yaitu sungai Martapura (:p).

Separaan. Dua paraan. Sendirian ke pasar wadai aku jadi kayak orang hilang. Untung akhirnya ketemu juga 1-2 kawan lamayang emang sudah lama banget gak ketemu. Jadi, walau gak ada yang dibeli, ngabuburitku ada juga hasilnya (hee....). Habis, mau beli makan, mama masak. Wadai, abah beli bingka. Niat dari rumah sih mau beli minuman. Jus melon, mangga, tomat, atau jus pepaya kah. Tapi pas lewat di depan stand yang jualan jus, jadi malas beli. Aku malah jadi pingin es pisang ijo. Haduh haduh.... Di Bejeem di mana ya ada orang jualan es pisang ijo?! Kalau di pasar wadai, keliling 100x juga gak bakalan ada. Hiks!! Ujung-ujungnya aku buka puasa minum teh hijau hangat (^.^v).

Semangatku untuk tarawih tuh biasanya naik turun. Apalagi jarak rumah-mesjid cukup jauh (harus ke kampung sebelah!). Berhubung awal Ramadhan, aku juga gak ada kesibukan, mantapin hati supaya tarawih rajin deh. Trus, karena di Bejeem aku jarang banget kemana-mana jalan kaki, mantapin niat juga buat ke mesjid jalan kaki (asumsinya kan jalan kaki ke mesjid lebih banyak pahalanya daripada naik motor! Hee...). Lagian, selain malas markir, sekalian bakar lemak lah habis berbuka. Walau gak sampai sepuluh ribu langkah, paling gak dalam sehari aku menyempatkan diri untuk jalan kaki dan gak buang polutan dari motor metikku (walau ternyata ada saja yang nebengi aku pergi/pulang tarawih ^.^v).

4x tarawih aku mengalami kemajuan. Hari pertama di shaf ke-4. Hari ke-2 maju 1 shaf. Begitu seterusnya. Habis, kalau agak kebelakang sering dekat sekelompok anak kecil yang ke mesjidnya rajin tapi tarawihnya gak! Apalagi mereka gak sama mamanya. Jadi kerjaannya merotet.... mulu!! Kalau di depan, dekat ibu-ibu, kan lebih tenang. Tapi yang namanya sholat berjamaah, ada.... aja kejadian lucu atau nyebelin. Sempat ada anak kecil, pas lagi sholat dia bolak-balik melulu. Jadi, sehabis sholat ditegurlah si bocah itu. Eh, gak taunya bilut. Trus dia nangis sambil mengitari hampir separuh shaf perempuan. Umanya mana?! Kalau gak, pas sholat ternyata imamnya santai (menuju lambat) dalam membacakan surah. Ujung-ujungnya, banyak jamaah didera rasa kantuk yang amat sangat (^.^v). Yang cukup berkesan tuh tadi malam. Suara imam sholatnya merdu euy! Kisah tentang si imam ini aku bikin kisah tersendiri aja deh! Hee...

Banjarmasin, 24 Agustus 2009

No comments:

Post a Comment